Rabu, 27 November 2013

Tanpa Lelang Jabatan Pemprov Lampung Tetapkan Pejabat Sesuai Dengan Kompetensi

Senin, 13 Mei 2013

BANDAR LAMPUNG, INFO PRSSNI LAMPUNG - Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P., meyakinkan tanpa lelang jabatan, Pemprov Lampung tetapkan pejabat sesuai dengan kompetensi. Dia menjamin menjamin tidak ada jual beli jabatan di lingkungan pemerintahan Provinsi Lampung. Hal tersebut dikatakannya ketika dimintai pendapat mengenai lelang jabatan yang dilakukan di DKI Jakarta.

Gubernur menegaskan berkaitan dengan penempatan jabatan, harus disesuaikan dengan karekteristik jabatan pada lembaga atau instansinya. Yang penting menurut Gubernur adalah penguraian persyaratan jabatan yang akan diemban pada suatu instansi atau lembaga. Demikian dikatakan Gubernur Lampung beberapa waktu lalu di kantornya, Teluk Betung Bandar Lampung.

Seperti diketahui, lelang jabatan dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dengan melakukan lelang jabatan ini, diharapakan nantinya mampu menempatkan seorang birokrat sesuai dengan kemampuan dan keahliannya masing-masing. Selain itu, lelang jabatan juga bertahap sifatnya. Dari mulai assessment, tahapan psikotes, tes kepribadian, sampai dengan wawancara.

Tujuan tahapan itu adalah agar dapat diketahui seorang birokrat lebih tepat ditempatkan di bagian administrasi atau memiliki leadership sehingga tepat untuk dijadikan pemimpin wilayah (lurah atau camat). Dengan itu, akan tercapai tujuan yang ideal yakni kesesuaian kemampuan dengan jabatan seseorang. Kedua, lelang jabatan memiliki kelebihan karena sifatnya yang terbuka.***(rb)

Editor: Robert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar