Rabu, 27 November 2013

Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2013 di Lampung

Kamis, 02 Mei 2013

BANDAR LAMPUNG, INFO PRSSNI LAMPUNG - Kemiskinan, ketidaktahuan, dan keterbelakangan peradaban merupakan penyakit sosial yang sangat besar dampak negatifnya bagi kehidupan. Ibarat tubuh, agar tahan terhadap berbagai macam penyakit, haruslah daya imunitasnya ditingkatkan, satu diantara upayanya adalah melalui vaksinasi. Bagaimana caranya menaikkan daya tahan (imunitas) sosial agar terhindar dari ketiga macam penyakit tersebut? Jawabannya adalah pendidikan.

Oleh karena itu, pendidikan dapat menjadi vaksin sosial. Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2013 Kamis, 2 Mei 2013 dalam sambutan tertulisnya. Sambutan tersebut dibacakan Gubernur Lampung Sjachroedin Zp saat memimpin upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2013 pagi tadi (02/05), di Stadion PKOR Way Halim Bandar Lampung.

Dalam sambutan itu M. Nuh juga menyampaikan permohonan maaf atas persoalan penyelenggaraan Ujian Nasional Tingkat SMA sederajat tahun pelajaran 2012/2013.

M. Nuh membeberkan mulai tahun pelajaran 2013/2014 akan diterapkan Kurikulum 2013 untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah secara bertahap dan terbatas. Bertahap, berarti kurikulum tidak diterapkan di semua kelas di setiap jenjang, tetapi hanya di kelas 1 (satu) dan kelas 4 (empat) untuk jenjang SD, dan kelas 7 (tujuh) untuk SMP, serta kelas 10 (sepuluh) untuk SMA dan SMK. Terbatas diartikan bahwa jumlah sekolah yang melaksanakannya disesuaikan dengan tingkat kesiapan sekolah.

Dalam wawancaranya dengan wartawam Gubernur Lampung Sjachroedin Zp tak lupa berharap pada hari peringatan pendidikan nasional ini agar segala ikhtiar kita untuk memajukan dunia pendidikan menjadi semakin berkualitas dan akses pendidikan bagi rakyat Indonesia secara keseluruhan semakin terbuka dan dapat segera terwujud. Orang nomor satu di Provinsi Sai Bumi Ruwa Jura ini juga mengklaim bahwa Lampung sudah cukup tinggi perhatiannya kepada dunia pendidikan.

Sekedar tahu saja pendengar, pada acara peringatan hari pendidikan pagi tadi juga dilakukan penyerahan hadiah oleh Gubernur Lampung pada sekolah pemenang lomba sekolah sahat tingkat Provinsi. Sebagai pemenang lomba sekolah sehat tingkat TK/PAUD, juara pertama dari TK/PAUD Terpadau Kalianda Lampung Selatan. Untuk tingkat SMP, sebagai pemengan dari SMPN 1 Semangka, Tanggamus. Sedangkan untuk tingkat SMA pemenangnya diraih SMK 1 Metro Timur, Kota Metro.

Selepas upacara disegarkan juga atraksi polisi cilik dari SDN 2 Rawa Laut dan konfigurasi apik dari SMA 5 Bandar Lampung.***(rb)

Editor: Robert 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar