Rabu, 27 November 2013

Sosialisasi Meteorologi, Klimatologi Dan Geofisika Kepada Media Massa

Selasa, 28 Mei 2013

BANDAR LAMPUNG, INFO PRSSNI LAMPUNG - Fenomena cuaca saat ini sangat mempengaruhi aktifitas kehidupan masyarakat. Dewasa ini fenomena cuaca yang terjadi sering menimbulkan bencana seperti angin kencang, puting beliung, hujan lebat, gelombang tinggi dan lain sebagainya. Pentingnya penyampaian informasi fenomena cuaca oleh media dengan menggunakan padanan bahasa yang yang mudah dimengerti oleh masyarakat umum. Karena dalam menggunakan bahasa cuaca untuk publik juga harus tidak menyimpang dari pengertian ilmiahnya.

Menyikapi hal ini , pagi tadi (28/05) Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lampung menggelar acara Sosialisasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika kepada media massa di Hotel Emersia Bandar Lampung. Sekretaris Kota Bandar Lampung Badri Taman membuka acara ini. Ia mengamini pentingnya informasi dari BMKG untuk disampaikan kepada masyarakat dengan bahasa yang sederhana yang mudah dicerna.

Sementara itu pendengar, Kepala Stasiun Geofisika Kota Bumi Lampung Joharman mengatakan Indonesia merupakan daerah rawan gempabumi karena dilalui oleh jalur pertemuan lempeng-lempeng tektonik, yaitu: lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik. Serta lempeng Laut Philippine yang saling bergerak relafif satusama lain Jalur pertemuan lempeng berada di laut. Sehingga apabila terjadi gempa bumi besar dengan kedalaman dangkal maka akan berpotensi menimbulkan tsunami sehingga Indonesia juga merupakan daerah rawan tsunami.

Sekedar tahu saja pendengar, acara ini dihadiri Kepala Biro Hukum dan Organisasi BMKG Pusat Darwahyuniati. Para pimpinan redaksi baik dari media massa maupun elektronik hadir pada sosialiasai BMKG yang baru pertama kali digelar di Lampung ini.***(rb)

Editor: Robert


Tidak ada komentar:

Posting Komentar