Rabu, 27 November 2013

PRSSNI LAMPUNG GELAR SIDANG PARIPURNA DAERAH

Selasa 23 April 2013

BANDAR LAMPUNG, INFO PRSSNI LAMPUNG - Pengurus Daerah Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PD PRSSNI) Lampung akan menggelar Sidang Paripurna Daerah di Rumah Makan Kampoeng Bamboe. Jl. Griya Utama No.57 Way Halim Permai, Tanjung Karang, Bandar Lampung, Kamis, 25 April 2013.

“Sesuai dengan Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah Tangga PRSSNI , Pengurus Daerah berkewajiban melaporkan kegiatan dan keuangan organisasi yang telah dijalankan, disamping juga menetapkan prioritas program, kebijakan beserta anggarannya untuk satu tahun ke depan di hadapan 34 peserta, yang merupakan praktisi/pengelola Radio Siaran Swasta anggota PRSSNI Lampung, yang tersebar di 10 Kota/Kabupaten di Provinsi Lampung.

Salah satu program yang akan menjadi fokus pada 2013, adalah penguatan “ INFO PRSSNI “ Lampung, baik sebagai sarana jurnalistik maupun sebagai wahana pemberdayaan organisasi kepada pihak Pemerintah Provinsi, Kota/Kabupaten di Lampung, pihak swasta dan masyarakat luas. Sebagaimana diketahui, INFO PRSSNI Lampung disiarkan setiap hari Senin sampai dengan Sabtu ,serentak di seluruh radio siaran swasta yang merupakan anggota prssni, pada setiap pukul 17.00 wib,dengan durasi sekitar 15 menit.

Berdasarkan arah kebijakan PRSSNI Lampung,Organisasi di tahun-tahun mendatang akan meningkatkan fungsi dan peran serta radio siaran anggotanya terhadap dinamika pembangunan di Provisni Lampung.

Untuk itu peran kontributor di masing-masing daerah perlu lebih diberdayakan dan ditingkatkan terutama dalam membuka akses dan hubungan baik dengan pelbagai pihak tersebut di atas.Diseminasi atas semua rencana pembangunan dengan segala dinamikanya diharapkan dapat diketahui oleh masyarakat luas, yang pada gilirannya akan muncul “ feed-back “ yang positif-kreatif.

Lembaga penyiaran yang merupakan media massa elektronik yang berfungsi sebagai media informasi,pendidikan dan hiburan yang sehat, juga merupakan media kontrol dan perekat sosial. Media radio pun merupakan salah satu pilar demokrasi,sehingga harus mengkritisi atas kebijakan yang ada sehingga tetap berada pada jalurnya yaitu: pro rakyat ( kesejahteraan dan keadilan ). Tentunya harus disampaikan dengan mengedepankan kesantunan dan dilandasi oleh obyektivitas dan kepentingan yang lebih luas . Bukankah hal ini pun menjadi tujuan akhir dari pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah. Untuk itu, Organisasi harus bersinergi dengan Pemerintah sebagai Mitranya.

Selain itu, Kondisi yang dihadapi akhir-akhir ini di mana ada tendensi terjadinya gejolak dan meningkatnya tindakan anarkis di kalangan masyarakat yang bersumber dari masalah “ SARA” membuat keprihatinan kita bersama. Kondisi ini perlu disikapi oleh Insan Radio dengan lebih mengintensifkan sosialisasi ke-4 pilar kebangsaan yaitu: Pancasila, UUD45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Baik bagi kalangan internal maupun untuk masyarakat luas. Sebab, media radio siaran merupakan media yang bisa mencerahkan dan membeberdayakan masyarakat, tentunya dengan cara-cara dan karakteristik media radio.***(rb)

Editor: Robert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar