Rabu, 17 April 2013

Djoko Suyanto :” Melalui freedom of press dengan penuh tanggung jawab”

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum Dan Keamanan Djoko Suyanto berharap besar pada rekan-rekan pekerja media, agar dapat menggunakan kepercayaan yang diberikan kepada publik melalui freedom of press itu, dengan penuh hormat dan tanggung jawab.

Menurutnya, untuk banyak hal, baik-buruknya perkembangan sebuah negeri sesungguhnya ditentukan oleh “cara” media massa memotret apa yang terjadi di sekeliling kita. Sebuah peristiwa 1000 potret dengan sudut yang berbeda. Semuanya menghasilkan potret diri tentang “realitas yang ada”. Namun apa yang dipilih oleh media massa untuk diberitakan itulah yang kemudian di dengar, dibaca, ditonton, dan kemudian dimengerti sebagai “realitas yang nyata” di depan publik. Pilihan rekan-rekan media lah yang sesungguhnya menentukan realitas apa yang hendak ditonjolkan atau disingkirkan, dikabarkan secara lengkap atau sepenggal, ditulis secara terang atau samar-samar.

Hal itu dikatakan Menteri koordinator Bidang politik, Hukum dan Keamanan dalam sambutannya pada sidang paripurna prssni bertajuk “Peran Media Dalam Percaturan Politik Menyongsong Pemilu 2014” di Jakarta beberapa waktu lalu (27/02).
Joko Suyanto menaruh harapan yang sangat besar agar insan pers dan media massa, mulai dari jurnalis yang bekerja di lapangan dan pemimpin redaksi hingga pemilik khususnya PRSSNI, menyadari implikasi penting dari setiap pilihan sudut berita terhadap dinamika dan perkembangan yang terjadi di dalam masyarakat. Ia menaruh harapan yang besar pada setiap aktor media, untuk memikul tanggung jawab yang mulia dan istimewa itu.***(Robert)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar