Senin, 25 Februari 2013

Posyandu Lansia

Pagi baru sekitar pukul 08.30 WIB, Posyandu Kuncup Melati Desa Banding, Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan sudah ramai dikunjungi para lanjut usia (lansia). Ada sekitar 70 an lansia terlihat di posyandu yang dibangun melalui program PNPM tersebut, ada yang datang sendiri. Tapi rata-rata mereka datang diantar anak-anaknya. Inilah kegiatan rutin bulanan para lansia di desa tersebut, mereka datang memeriksakan kesehatannya.

Ningsih Listia kader lansia di posyandu tersebut kepada Info PRSSNI Lampung mengatakan bahwa ide awal di adakannya posyandu lansia adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan para lansia di desa. Ini kata Ningsih, karena mayoritas para lansia terkadang kurang peduli dengan kesehatannya.

Seorang lansia tengah diperiksa tekanan darahya oleh petugas posyandu 
Kepada pemerintah Ningsih berharap agar dapat lebih peduli dengan menyediakan obat-obatan di Posyandu tersebut dalam rangka mendukung para kader lansia memberikan pelayanan untuk para lansia.

Sekedar diketahui, penduduk Desa Banding Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan berjumlah 495 kepala keluarga. Perbandingan jumlah penduduk laki-laki dan perempuan seimbang, yaitu 983 laki-laki dan 917 perempuan. Persentase terbanyak merupakan penduduk yang berumur 19 sampai 59 tahun mencapai 48,6%. Jenis penyakit yang di derita masyarakat adalah malaria, flu, maag, rematik dan asma. Sebagian besar keluarga yang ada di Banding sering menderita demam yang menurut anggapan penduduk desa merupakan gejala penyakit malaria.***(Duta Suhanda)


Editor: Robert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar