Selasa, 05 Maret 2013

Berantas Penganguran di Lampung

Sudin Kabid PTKLN Disnakertrans Lampung di ruang kerjanya
Gubernur Lampung Sjachroedin ZP serius dalam mengurangi angka penganguran dan kemiskinan di Lampung. Salah satu cara Gubernur adalah dengan terus mendukung program magang ke Jepang. Program kerja magang di Jepang ini merupakan kerja sama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lampung dengan IMM (International Manpower Development of Medium and Small Enterprises) Jepang sejak tahun 1993.

Ditemui Info Prssni Lampung kemarin (04/03) di ruang kerjanya, Sudin selaku Kabid (Kepala Bidang) Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri (PTKLN) Disnakertrans Lampung mengatakan program magang di Jepang ini bertujuan meningkatkan kompetensi pemuda Indonesia di bidang industri, meningkatkan keterampilan kerja, menambah wawasan ilmu pengetahuan serta meningkatkan etos kerja.

Program pemagangan ke Jepang, menurut dia, dapat membantu tenaga kerja secara cepat terserap di pasar kerja. Karena program pemagangan memberikan ketrampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, dan sekaligus pengalaman kerja dengan berbagai kondisi ketenagakerjaan di perusahaan kepada para tenaga kerja.

Dengan diadakannya program ini, Sudin berharap, para peserta setelah kembali ke tanah air nantinya dapat menjadi entrepreneur dan menciptakan lapangan-lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Untuk diketahu pendengar, peserta tes magang ke Jepang pada 2013 yang diprakarsai Disnakertrans masih melewati sejumlah tahapan. Selama dua hari ini (04-05) berlangsung tes tahapan kedua, berupa tes bahasa. Sebanyak 112 peserta bertarung untuk dapat magang ke Jepang.***(robert)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar