Senin, 16 Desember 2013

Wartawan Harus Kompeten

Senin, 03 Juni 2013

BANDAR LAMPUNG, INFO PRSSNI LAMPUNG - Menjamurnya surat kabar harian (SKH) di Lampung secara langsung menelurkan banyak wartawan. Apakah wartawan-wartawan tersebut sudah professional dalam menjalankan tugasnya dalam menyampaikan informasi yang baik sesuai kaedah jurnalistik?

Semakin banyak wartawan profesional di Lampung maka berimbas positif dalam menulis dan menyajikan beritas sesuai dengan kaedah jurnaslistik, sehingga meminimalisir media baik cetak maupun elektronik mendapat aduan dari pembaca.

Menjadikan semua wartawan professional, berwawasan dan beretika merupakan tujuan dilakukan Uji Kompetensi Wartawan yang dilakukan oleh Persatuan Wartawan Indonesi (PWI) pusat bekerjasama dengan PWI cabang di seluruh daerah di Indonesia.

Hal itu dikatakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PWI Pusat Hendry Ch Bangun dalam wawancaranya dengan wartawan pagi tadi (03/05) di Balai Hi. Sofian Ahmad Bandar Lampung saat membuka acara Safari Jurnaslistik 2013.

Menurut Hendry Ch Bangun, saat ini ada sebanyak 2.800 wartawan yang sudah bersertifikat kompeten dengan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan di seluruh Indonesia. Sebelum lebaran tahun ini, PWI pusat akan menargetkan 3000 an wartawan yang mengikuti UKW.

Lampung, lanjut Sekjen PWI Pusat ini termasuk provinsi yang agresif dalam menjaring wartawannya untuk mengikuti UKW. Bahkan menurutnya, Lampung salah satu provinsi yang mendapatkan penghargaan dari PWI Pusat karena peran aktifnya mengadakan pelatihan dan pendidikan pada wartawan.

Ia berharap kegiatan ini mampu meningkatkan kualitas dan profesionalisme wartawan, serta menegakkan kemerdekaan pers untuk kepentingan publik.

Sekedar diketahui pendengar. Sebanyak 50 an peserta yang mengikuti safari jurnalistik ini guna mendapatkan pembekalan untuk menghadapi Uji Kompetesni Wartawan yang digelar pada pukul 14.00 wib. UKW ini, PWI Pusat bekerja sama dengan PWI Lampung dan PT Nestle Indonesia.***(rb)

Editor : Robert 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar